METODE KOMPUTER FORENSIK

Posted by JMII e-Journal on 18.46
METODE KOMPUTER FORENSIK

Feri Sulianta
Teknik Informatika
Universitas  Widyatama
Bandung, Indonesia
feri.sulianta@widyatama.ac.id




Abstrak—Kata Forensik yang memiliki arti kata “menyajikan ke pengadilan”, istilah forensik memaksudkan suatu proses yang didasari oleh ilmu pengetahuan dalam mengumpulkan, menganalisa, dan menghadirkan berbagai bukti dalam sidang pengadilan dikarenakan suatu kasus hukum.
Teknik forensik memungkinkan proses analisa dan mendapatkan kembali “fakta” dari kejadian dan lingkungan. Tidaklah mudah mendapatkan atau lebih tepatnya menemukan fakta yang sifatnya ‘tersembunyi’. Berbagai fakta dan bukti tersembunyi untuk diketemukan misalnya: darah, struktur gigi seseorang, riwayat kesehatan, sidik jari, dan lainnya dianalisa sedemikian rupa sehingga didapatkan fakta yang benar-benar layak untuk diajukan sebagai pembuktian. Dan serangkaian prosesi ini dikenal dengan istilah forensik.
Ilmu Forensik terus berkembang, mengingat peralatan yang digunakan berbeda bahkan mutakhir, ‘bukti’ atau evidence pun hadir dengan ‘wajah’ baru,   ilmu pengetahuan yang mendasarinya pun berubah. Apapun itu perubahannya memunculkan pembaharuan dan metoda yang lebih baik karena bidang keilmuan baru dan pengetahuan baru.
Keywords— KOMPUTER FORENSIK, PENGADILAN, METODE FORENSIK, PROSES FORENSIK, PROSES ILMIAH. ILMU FORENSIK