PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI SARANA

Posted by JMII e-Journal on 05.53
JURNAL MASYARAKAT INFORMATIKA INDONESIA
Vol 3, No2, Tahun 2018

  • PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI SARANA PEMASARAN PERUMAHANMohammad Imron, Primandani Arsi, Alfin Rohmanul Khaqi


PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI SARANA PEMASARAN PERUMAHAN

Mohammad Imron1 , Primandani Arsi2, Alfin Rohmanul Khaqi2
1,2,3 Teknik Informatika – STMIK Amikom Purwokerto
Jl. Let. Jend. Pol. Sumarto Purwokerto
1imron@amikompurwokerto.ac.id,
2ukthti.prima@amikompurwokerto.ac.id
3alfinelrohman@merahputih.id





Abstrak Pemanfaatan teknologi augmented reality dari segi pangsa pasar menjadi salah satu cara untuk melakukan promosi, bisnis properti saat ini yang sedang menjamur diberbagai kota besar dan kota kecil. Strategi pemasaran yang telah dilakukan Perumahan Bukit Lestari Banteran itu masih kurang menarik minat para konsumen. Dari setiap penjualan perumahan yang setiap triwulan mengalami naik turun dan tidak stabil. Tujuan penelitian ini sendiri merancang media brosur sebagai sara pemasaran bisnis properti yang berbasis augmented reality dengan menggunakan perangkat smartphone berbasis android. Metode penelitian yang digunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) model waterfall. Hasil penelitian aplikasi Augmented Reality berbasis android berhasil dibuat, dengan pengujian menggunakan skala likert kepada 25 responden mendapatkan hasil sebesar 91,33% dengan kategori sangat setuju. Kedua pengujian tersebut bahwa aplikasi Augmented Reality sangat efektif dan edukatif sebagai sarana pemasaran perumahan.

Keywords—hepatitis, missing values, imputation method, varied fold, k-fold cross validation.