PENGARUH KONTEN SIARAN TELEVISI YANG SEHAT DAN MENDIDIK TERHADAP NASIONALISME PEMIRSA

Posted by JMII e-Journal on 06.43
JURNAL MASYARAKAT INFORMATIKA INDONESIA
Vol 3, No2, Tahun 2018
  • PENGARUH KONTEN SIARAN TELEVISI YANG SEHAT DAN MENDIDIK TERHADAP NASIONALISME  PEMIRSA/ KHALAYAK (Penelitian Lembaga Penyiaran Kabupaten Bogor) Marisa Astuti, S.St., M.M. 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui besarnya pengaruh konten siaran televisi yang sehat dan mendidik terhadap  nasionalisme pemirsa/ khalayak, penelitian dilakukan pada Lembaga Penyiaran Kabupaten Bogor dengan menggunakan sampel dari masyarakat. Dengan demikian akan diketahui penilaian terhadap konten siaran yang ada juga dapat dianalisis konten yang seperti apa yang mampu membangun nasionalisme khalayaknya, juga diketahui signifikasi pengaruh kedua variabel.
Konten siaran televisi  yang sehat dan mendidik menjadi suatu kebutuhan saat ini terlebih dikaitkan dengan membangunkan nasionalisme khalayak/ pemirsa, untuk itu Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dituntut untuk dapat mewujudkan/ mencipatakan konten siaran sesuai dengan kebutuhan. Nasionalisme khalayak akan dipengaruhi oleh sebuah konten siaran yang mampu menampilkan konten-konten sehat dan mendidik yang mampu membangun rasa cinta tanah air khalayak. Dari hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana diketahui bahwa konten siaran televisi yang sehat dan mendidik berpengaruh terhadap nasionalisme khalayak/ pemirsa secara signifikan pada taraf kepercayaan 95%.

Kata Kunci: Konten Siaran Sehat dan Mendidik, Televisi, Nasionalisme