PERANCANGAN GAME VISUAL NOVEL “THE ADVENTURE OF KABAYAN” SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK TOEFL

Posted by JMII e-Journal on 19.12


PERANCANGAN GAME VISUAL NOVEL “THE ADVENTURE OF KABAYAN” SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK TOEFL 
Rudi Kurniawan1 , Gyta Nurul Windari2
STMIK ”AMIKBANDUNG”
Jln. Jakarta No. 28 Bandung 40272  INDONESIA
1 rudi.kurniawan@stmik-amikbandung.ac.id, 2gitanuri@gmail.com

Media pembelajaran yang disampaikan melalui suatu permainan diharapkan dapat memberikan dan meningkatkan wawasan yang baru bagi Pembelajar. Dalam kasus ini diambil objek pelajaran Bahasa Inggris yang ditujukan untuk peningkatan TOEFL. Dengan menitikberatkan struktur Bahasa Inggris, pembangunan media belajar yang berbentuk game visual novel ini dapat dijadikan sebagai suatu media bermain sambil belajar.
 Dengan mengangkat tokoh lokal daerah Sunda yang sudah terkenal yaitu Kabayan dimaksudkan untuk menyampaikan budaya tradisional khususnya Jawa Barat yang disesuaikan dengan era globalisasi. Metode yang digunakan untuk pengembangan sistem adalah waterfall model dengan tahapan meliputi (i) analisis sistem menggunakan Unified Model Language  (UML), (ii) pembuatan  algoritma alur cerita, (iii) pendefinisian karakter, (iv) perancangan background, (v) penentuan skenario, dan merancang antarmuka sistem.
Pada tahap pengujian digunakan metode black box dengan maksud hanya untuk mengobservasi keluaran eksekusi dari data uji yang ditetapkan dan memeriksa fungsional pada perangkat lunak berdasarkan skenario pengujian yang telah ditetapkan dan pada tahap pengujian beta dilibatkan para pengguna aplikasi sebagai responden dengan menggunakan kuesioner untuk menilai tingkat kepuasan terhadap aplikasi game. Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya aplikasi permainan jenis Visual Novel yang berunsur edukasi dan dapat memberikan wawasan Bahasa Inggris terutama struktur dalam TOEFL untuk Pengguna.
Kata kunci : Visual Novel, Visual Novel Bejalar TOEFL, Game Pembelajaran Bahasa Inggris, Media Belajar TOEFL